One step in life

Renovasi Dapur

Posted on: March 19, 2009

Finally, cita-cita untuk melakukan renovasi dapur– well, lebih tepat jika dibilang facelift — tercapai.

Dapur lama kita emang udah buluk banget. Berhubung kan rumah warisan, jadi kabinet dapur pun warisan. Ganyanya masih oldstyle, dan warnanya juga sudah tidak up to date lagi. Keunggulannya memang karena pemakaian kayu jadinya struktur masih OK, dan kokoh. Tapi karena 2 kali kita kedatangan ‘tamu’ air bah ( alias banjir semata kaki) membuat keadaan pintu di bagian bawah sudah keropos

cabinet, kitchen, renovation

lemari dapur sebelum renovasi

lemari dapur bawah before

Keramik dan pintu lemari yang sudah keropos

Tampilan lemari bagian atas sebelum renovasi

Tampilan lemari bagian atas sebelum renovasi

Nah, referensi dapur yang ada di kepala yah standar lah..ala IKEA gitu, modern dan kompak. Pengennya sih warna-warna yang terang, agar dapur terlihat lebih lapang dan modern. Lalu hal yang penting adalah masalah pengudaraan. Ini menjadi isu yang utama karena selama ini bau masakan selalu nyangkut di kamar tidur. Jadinya goreng ikan di dapur ya kalo buka kamar tidur bau ikan gorengnya juga nyampe tuh. Jadi emang perlu banget cooker hood untuk mengisap bau. Untuk  constraints nya juga ada, yaitu masalah budget. Kalo bisa sih dapetin dapur baru dengan budget seminim mungkin.

Setelah agak kebayang-bayang, yah mulailah proses corat-coret dan liat sana sini ( untuk referensi desain dan bahan maksudnya sihh).  Sambil tanya-tanya tukang yang bisa buat kabinet dapur yang lumayan dengan harga yang lumayan juga.

Untuk aksesorisnya juga harus cari yang terjangkau nih. Kebetulan pas baca koran di suatu pagi ada iklan cuci gudang satu produk aksesoris dapur. Siangnya langsung deh saya meluncur ke kawasan Gatot Subroto, ke sebuah gudang yang panas dan pengap. Ternyata di sana sudah ramai orang, dan juga terlihat aktivitas angkut-angkut. Wah, ternyata banyak saingan nih. Setelah browsing around akhirnya nemucooker hood yang OK, harganya Rp 800.000. Memang sih ini bukan pilihan yang utama karena ternyata cooker hood yang saya incar tinggal satu-satunya dan udah diambil seorang Ibu..nasibbb. Tapi yang ini juga OK, dengan tampilan stainless steel dan kelihatan slim, OK lah..Untuk kompor, pilihan akhirnya jatuh pada kompor free standing dengan 5 tungku dan tempat tabung gas, nah yang ini harganya 3 jutaan. Kompor dan cooker hoodnya langsung dibawa pulang saat itu juga. Sampai rumah ya, jadi pajangan dulu berhubung kan dapurnya belum jadi hehe.

Setelah corat-coret dan dan diskusi panjang lebar dengan paparafa kita mulai cari-cari tukang. Tanya sana sini akirnya sepupu menawarkan tukang kenalannya.  Intinya kita hanya punya budget yang minim banget, sehingga diputuskan untuk menggunakan bahan lama, hanya dilapis saja dengan HPL. Tang ting tung, hitung-hitung biaya, kok masih mahal yah, karena table top yang kita inginkan adalah granit. Akhirnya bye bye granit, deh. Kita pakai kayu saja dan dilapis HPL juga. Untuk warna kita mau putih, dan pelapis dinding tetap keramik namun kita ganti dengan keramik baru.

Masalah keramik juga lumayan pelik karena kita maunya mosaic look, cuma kok mahal. Nah, pas jalan-jalan ke Cibubur kita mampir ke sebuah superstore bahan bangunan. Disana ternyata ada tile keramik dinding dengan motif mirip mosaik warna hijau tua. Horee, ketemu juga nih.

Melalui proses yang panjang, karena pake ditinggal ke Melbourne segala sama nyonya rumah nih hehe, dapurnya selesai juga. Tapi berkat ke Melbourne dan mampir di IKEA sana saya sempat membeli gantungan aksesoris dapur yang okeh. Emang masih banyak banget yang belum sesuai dengan keinginan dan perlu perbaikan sih. Tapi 90 % selesai dan bisa digunakan. Ini dia foto-fotonya.

Gantungan dari IKEA untuk peralatan dapur

Gantungan dari IKEA untuk peralatan dapur

Tempat cuci piring

Tempat cuci piring

Tampilan baru

Tampilan baru

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: